Sabtu, 09 Januari 2010

Nilai-Nilai Pancasila Bab I Kelas VIII

Ditulis oleh Fajar Waluyo di/pada Agustus 24, 2008

Ringkasan Materi : Bab I untuk Kelas VIII

Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila dilihat dari sejarah perumusan ada dua tahap yaitu tahap praperumusan dan tahap perumusan dan ketetapan. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara dan ideologi negara. Nilai-nilai Pancasila mengandung konsekuensi bagi penyelenggara negara dan bagi warga negara. Konstitusi merupakan acuan, pedoman pembangunan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Dalam kehidupan bermasyarakat tujuanya untuk mewujudkan kesatuan masyarakat.

Pesan Bijak :

1. “Tanpa Pancasila negara akan bubar …Pancasila adalah seperangkat asas dan ia akan ada selamanya. Ia adalah gagasan tentang negara yang harus kita miliki dan kita perjuangkan”. (Abdurahman Wahid)

2. “Keberadaan Indonesia itulah esensi dari Pancasila. Pancasila merupakan rumusan tertinggi dari keberadaan bangsa. Dan, tanpa Pancasila Indonesia akan pecah begitu saja”. (Laksamana Madya Sunardi)

3. “Dilihat dari segi suku, bahasa, agama, dsb, Indonesia termasuk salah satu negara yang paling majemuk di dunia. Hal ini disadari betul oleh para pendiri bangsa kita, sehingga mereka merumuskan konsep keberagaman ini dengan semboyan BHINEKA TUNGGAL IKA”. (Dr. Masykuri Abdullah)

4. “Adalah sikap yang membangun jika kita toleran dan terbuka atas keanekaragaman suku, warna kulit, dan agama. Sebaliknya sangatlah merusak jika sikap kita justru mengagung-agungkan perbedaan suku, warna kulit dan agama, apalagi diungkapkan dalam bentuk kerusuhan dan kekerasan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar